7. Besi Siku

Besi siku adalah material yang terbuat dari logam besi. Lebih spesifik lagi, material yang juga dikenal sebagai bar siku (angle bar) atau L-Bracket ini terbuat dari besi plat yang diberi lapisan antikarat. Besi siku diproduksi dengan panjang standar 6 meter. Namun, besi siku memiliki ukuran lebar penampang dan ketebalan yang bervariasi. Ukuran penampang siku yang tersedia antara lain 2 cm, 3 cm, 4 cm, dan 5 cm. Sementara tebalnya berkisar antara 1,4 mm hingga 3,4 mm; berbeda-beda untuk tiap ukuran penampang. Sebagai contoh, besi siku dengan penampang 40×40 mm memiliki beberapa ketebalan, seperti 2,2 mm, 2,4 mm, 3,2 mm, dan 3,4 mm.

Buildeff Steel jual besi siku dalam berbagai ukuran. Dengan demikian, Anda dapat memilihnya sesuai kebutuhan maupun kekuatan konstruksi yang diinginkan. Besi siku cukup kokoh untuk dimanfaatkan pada berbagai konstruksi umum. Material ini juga memiliki daya tahan yang relatif lama; tahan terhadap rayap; dan juga tahan terhadap karat. Meskipun demikian, besi siku kurang mendukung untuk konstruksi yang terlalu berat.

Kegunaan Besi Siku

Penggunaan besi siku dalam konstruksi sudah menjadi kebutuhan karena meliputi banyak lingkungan kehidupan. Beberapa aplikasi besi siku di lingkungan rumah tinggal dan bangunan komersial, antara lain untuk pagar, gerbang, dan konstruksi tangga; konstruksi menara/penyangga tangki air; rangka pintu dan jendela; rangka rak etalase; dan sebagainya. Di ruang perkotaan, Anda dapat menjumpai penggunaan besi siku pada konstruksi tangga; jembatan; menara pemancar/radio; rangka billboard (baliho, megatron, dll.); dan sebagainya. L-Bracket juga biasa digunakan sebagai struktur penyangga ataupun elemen penguat atau penstabil pada berbagai macam konstruksi.

Pengukuran Besi Siku

A  x  B  x  t  x L

A = Sisi a (mm)

B = Sisi b (mm)

t = Thickness / Ketebalan (mm)

L = Long / Panjang (m)

 

Contoh : 80 x 80 x 8.0mm x 6