2. Besi Pipa Bulat

      Pipa merupakan benda yang mempunyai bentuk silinder dan memanjang. Besi pipa merupakan struktur besi yang berbentuk pipa yaitu memiliki dua lubang disetiap ujungnya Dibandingkan dengan pipa yang terbuat dari bahan lain seperti pipa PVC ataupun yang lainnya. pipa besi dipercaya  menjadi pilihan bagi para kontraktor karena lebih tahan lama,  antirayap, juga lebih tahan karat. Dengan demikian pipa besi bisa bertahan hingga puluhan tahun meskipun digunakan di luar ruangan dengan cuaca yang tidak menentu.
       Besi Pipa memiliki beberapa macam jenis dan setiap jenisnya punya kegunaan tersendiri. Salah satunya yaitu pipa besi yang berbentuk bulat. Pipa bulat sendiri secara umum memiliki banyak kegunaan diantaranya sebagai saluran untuk mengalirkan cairan. Besi pipa bulat sendri mempuuyai 2 jenis yaitu besi pipa bulat hitam dan besi pipa bulat galvanis. Selain itu pipa bulat memiliki varian ukuran ketebalan. Untuk pengukuran diamaternya biasanya dihitung dengan satuan (inch) tetapi ada juga yang mengukur dengan satuan (mm) dengan Panjang standard 6 meter. 

Jenis Pipa Besi Bulat Berdasarkan Proses Pembuatan

1.      Pipa Besi Welded

Pipa welded dibuat dari plat besi yang disambungkan dan dibentuk menjadi pipa bulat dengan sambungan las secara vertikal yang dihasilkan oleh resistansi listrik material, proses ini disebut sebagai Electric Resistance Welding (ERW). Tidak hanya memiliki sambungan vertikal, ada juga pipa welded yang memiliki sambungan berbentuk spiral (SAW) dengan diameter ukuran yang lebih besar daripada pipa welded bersambungan vertikal.

2.      Pipa Besi Seamless

 

Pipa seamless berarti pipa yang tidak memiliki sambungan. Pipa ini dibuat dengan cara melubangi sebuah silinder sehingga dihasilkan sebuah pipa yang utuh. Proses pembuatan ini tentunya juga didasarkan pada ketebalan yang bervariasi yang dibutuhkan pasar karena ketebalan pada pipa besi akan mempengaruhi kemampuan pipa dalam menahan daya tekan. Harga pipa besi seamless cenderung lebih mahal dari pada pipa besi welded.

Jenis Pipa Besi Bulat Berdasarkan Bahan

       1.      Pipa Besi Hitam

Pipa hitam merupakan pipa yang mempunyai karakter yang tahan terhadap karat, struktur yang kuat, dan tahan terhadap cuaca ekstrem. Selain itu, pipa yang satu ini juga berasal dari campuran stainless steel dan besi, stainless steel sendiri di sini digunakan sebagai pelindung besi agar tidak mudah berkarat. Jenis pipa ini sangat cocok digunakan untuk di industry pertambangan yang membutuhkan saluran minyak dan gas, sehinnga sebagian masyarakat ada yang menyebutny dengan pipa gas.

 

2.      Pipa Besi Galvanis

 

adalah pipa besi yang dibuat melalui mencampurkan besi dengan seng sebagai zat kimia untuk dijadikan sebagai bahan pelapis besi. Proses ini disebut dengan hot dip galvanized. Pipa besi galvanis memiliki ketahanan terhadap karat dan korosi, maka besi jenis ini sangat cocok untuk digunakan dalam material bangunan terutama yang berada di luar (outdoor).Yang perlu diingat, pipa besi galvanis sangat tidak cocok untuk digunakan sebagai jalur gas. Pipa brsi galvanis sangat cocok digunakan untuk saluran air, sehingga terkadang beberapa masyarakat menyebutnya pipa air.

Kegunaan Besi Pipa

1.      Sistem saluran

2.      Tiang listrik

3.      Kontruksi rumah

4.      Bahan pembuat furniture dan lain-lain

 

Pengukurqan Besi Pipa Bulat

D / OD / ID  x  t  x  L

D = Diameter (inch)

OD = Outside diameter (mm)

ID = Inside meter (mm)

t = Thickness / tebal (mm)

L = Long / panjang (m) 

Contoh : 1 ½ x 2.3 x 6